MENGENAL BADAK KALIMANTAN DI UJUNG CULA KEPUNAHAN

8/06/2023 0 Comments A+ a-

 MENGENAL BADAK KALIMANTAN DI UJUNG CULA KEPUNAHAN




Selama ini Teman - teman yang hanya kita ketahui Indonesia hanya ada badak bercula satu yang berada di Ujung Kulon.
namun, Tahu nggak sih bahwa di Indonesia ternyata memiliki 3 jenis badak, yaitu badak Jawa atau sering kita sebut badak bercula satu, dan juga dua jenis badak bercula dua yaitu badak sumatera dan badak kalimantan.
Badak Kalimantan merupakan subspesies badak bercula dua yang memiliki nama ilmiah Dicerorhinus sumatrensis harrissoni.
pada awalnya Badak ini sempat dinyatakan punah selama beberapa dekade, dan hanya dianggap menjadi sebuah cerita rakyat oleh Suku Dayak.
Namun, pada akhirnya Badak ini berhasil ditemukan kembali pada Tahun 2013 di hutan yang terletak di Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur.
ada yang unik dari Badak Kalimantan alias Badak Borneo ini yaitu termasuk Badak terkecil di Dunia yang berat tubuhnya kurang lebih hanya sekitar 380 Kg saja.
selain itu ciri khas fisik yang membedakan dari subspesies badak lainnya adalah memiliki bulu rambut yang terbanyak, dan juga warna kulitnya hitam keabu abuan atau kemerahan.
populasi Badak Kalimantan untuk saat ini sangat terancam karena di alam liar populasinya hanya sekitar kurang dari 20'an ekor.
bahkan, oleh IUCN menetapkan status populasinya adalah "Critically Endangered" alias kritis.
hal ini disebabkan karena ancaman kerusakan pada habitatnya.
Nah itu dia teman teman informasi ringkas tentang badak Kalimantan, semoga bisa terselamatkan populasinya yang saat ini sedang berada di ujung tanduk kepunahan.
terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : Facebook Ivan Jack TheOwl